Perawatan Rambut Untuk Mencegah Kerontokan

-
Extra Money


Sebelum melakukan perawatan rambut yang akan anda lakukan, terlebih dahulu anda harus memahami dan mengenali penyebab dari kerontokan rambut yang sedang anda alami itu sendiri. Karena penyebab dari kerontokan rambut tiap orang sangatlah beragam dan cara merawat rambut tiap orang pun juga sangat berbeda. Dalam artikel kali ini saya akan coba mengulas lebih jauh tentang perawatan rambut rontok sesuai dengan penyebabnya agar anda dapat menyesuaikan perawatan mana yang lebih cocok untuk anda terapkan.

Perubahan Hormonal
Kadar hormon dalam tubuh tiap orang bisa saja berubah dan tidak seimbang yang dapat disebabkan oleh suatu hal. Misalnya saat anda sedang hamil atau setelah melahirkan, biasanya para wanita akan mengalami kerontokan rambut. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena hal ini sangat wajar dan hanya terjadi sementara. Pada kasus seperti ini perawatan rambut yang dapat anda lakukan adalah dengan menambah asupan protein ke dalam tubuh anda setiap hari. Kandungan protein bisa anda peroleh dengan mengkonsumsi telur atau ikan laut, perbanyaklah mengkonsumsi protein ini karena selain dapat merangsang pertumbuhan rambut baru juga dapat memperkuat akar rambut anda.

Pernyakit
Jika anda sedang terkena suatu pernyakit seperti tipus atau diabetes biasanya juga akan mengalami kerontokan rambut. Hal ini lumrah terjadi karena kondisi tubuh yang lemah dan tidak berfungsinya hormon secara maksimal. Sama halnya dengan kasus diata, untuk perawatan rambut yang dikarenakan anda sedang atau baru sembuh dari sakit tersebut cukup dengan mengembalikan fungsi hormonal tubuh anda dengan memperbanyak asupan protein dan nutrisi saja.

Akibat Stres
Penyebab rambut rontok berikutnya adalah stres. Stres yang berlebihan dapat mempengaruhi kondisi psikologis anda seperti menurunnya berat badan dan kerontokan rambut. Cobalah untuk sesekali melakukan refreshing ditengah kesibukan Anda agar tubuh kembali fresh dan dapat terhindar dari stres. Anda boleh mencoba melakukan perawatan rambut dengan cara memanfaatkan bahan alami seperti; memanfaatkan Teh hijau (green tea) yang mengandung antioksidan sangat bermanfaat untuk melindungi rambut anda dari efek polusi. Teh melati bermanfaat untuk meningkatkan kilau rambut. Teh rasa mint bermanfaat untuk menyejukkan kulit kepala serta menghilangkan lemak dan ketombe serta mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Caranya cukup dengan menyeduh teh dengan menggunakan air panas, diamkan beberapa saat lalu ambil daun teh yang masih basah tersebut dan gosokkan ke kulit kepala sambil dipijat lembut. Lakukan sesaat sebelum anda keramas. Wangi teh sangat baik sebagai aroma terapi perawatan rambut rontok yang disebabkan oleh perubahan psikologis anda.

Pengaruh Obat
Bahan kimia yang terdapat pada obat-obatan yang anda konsumsi juga dapat memicu terjadinya kerontokan rambut. Orang yang sering mengkonsumsi obat anti depresi dan tekanan darah tinggi bisa menjadi salah satu contohnya. Hmmm untuk kasus ini agak susah penanganannya yah.. he..he. mau tidak mau anda harus berusaha dulu untuk tidak bergantung kepada obat. Coba deh mengganti obat kimia dengan herbal, karena selain efek sampingnya yang minim juga murah meriah lho :)

Nah sekarang anda jadi lebih tahu kan perawatan rambut rontok yang dapat anda aplikasikan dirumah. Tentunya dengan mengenali terlebih dahulu penyebab dari kerontokan rambut anda maka penanganannya jadi lebih tepat dan tentunya dapat memberikan hasil yang lebih optimal.
Terima Kasih atas kunjungannya dan semoga artikel ini bermanfaat buat Anda ^_^

Leave a Reply