Perawatan Wajah

-
Extra Money

Perawatan Wajah
Perawatan Wajah - Kulit wajah yang sehat dan cantik hanya dapat diperoleh melalui perawatan yang dilakukan secara benar dan konsisten. Perawatan wajah yang dilakukan secara rutin dapat memberikan beberapa keuntungan diantaranya: kulit wajah akan selalu bersih, meningkatkan dan memperlancar sirkulasi darah pada bagian wajah, menjaga susunan kelenjar kulit, memelihara bentuk otot wajah, mencegah timbulnya gangguan atau penyakit kulit wajah.

Perawatan wajah sebaiknya dilakukan dengan terlebih dahulu mengenali kondisi kulit wajah kita dengan mengetahui jenisnya. Tentunya agar perawatan yang kita lakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dewasa ini semakin banyak produk kosmetik untuk perawatan kulit wajah yang sesuai untuk berbagai jenis kulit, mulai yang tradisional sampai modern yang kesemuanya memberikan solusi untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit. Seiring dengan gerakan kembali ke alam, tidak sedikit yang menggunakan bahan alami untuk merawat kecantikan. Perawatan kulit wajah pada umumnya memiliki tujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan dan fungsi kulit serta memperindah wujud luar kulit yakni agar kulit wajah terasa lebih nyaman, lembut, bersih, putih, halus dan bercahaya.

Berikut ini adalah beberapa fase perawatan wajah

1. Pembersihan Wajah (Clean Face)
Membersihkan wajah merupakan perawatan dasar yang harus dilakukan setiap hari ketika akan bermake-up dan menjelang tidur. Membersihkan wajah dilakukan dengan tujuan untuk mengangkat dan menghilangkan kotoran yang melekat pada kulit wajah dan leher.

2. Penyegaran Kulit Wajah
Setiap kali sesudah melakukan pembersihan, kulit wajah perlu mendapatkan penyegaran dengan menggunakan cairan penyegar yang sesuai dengan jenis kulit kita. Tujuan penyegaran adalah untuk mengecilkan kembali pori-pori kulit, mengencangkan kulit, menyempurnakan pembersihan dari sisa-sisa krim atau susu pembersih yang mungkin masih melekat pada kulit wajah serta untuk menyegarkan kulit wajah.

3. Pemijatan/Pengurutan/Massage Kulit Wajah
Pemijatan (massage) adalah salah satu metode perawatan yang dilakukan agar kulit menjadi lembut, kenyal dan tampak lebih menarik. Pemijatan dilakukan saat wajah dalam keadaan bersih. Efek langsung pengurutan dapat terlihat pertama-tama pada kulit, seperti kulit menjadi halus dan lemas. Gunakan krim yang sesuai jenis kulit pada saat pengurutan, seperti day-cream, atau massage cream. Krim yang mengandung minyak zaitun atau minyak bulus dapat dipakai untuk pemijatan kulit normal dan kering, kulit berminyak sebaiknya menggunakan krim berbahan dasar asam sitrun yang mengandung vitamin A dan E.

4. Penguapan
Penguapan dilakukan agar pori-pori membuka lebih lebar hingga mudah dirawat. Cara melakukan penguapan yaitu : sediakan sebuah waskom besar berisi air mendidih dan sebuah handuk besar. Letakkan waskom yang berisi air mendidih di atas meja, kemudian hadapkan wajah pada air mendidih yang ada di waskom.Kerudungkan handuk pada kepala hingga menutupi seluruh kepala dan waskom. Uap air akan mengenai wajah dan biarkan beberapa saat. Jaga agar handuk tidak terkena air panas. Lama penguapan untuk kulit kering dan sensitif maksimal selama 3 menit. Kulit normal selama 5-7 menit dan kulit berminyak selama 8 – 12 menit. Sebaiknya sambil menguapi wajah dilakukan relaksasi sederhana, yaitu dengan cara mencampurkan beberapa tetes minyak aromaterapi seperti lavender, camomile atau mint, ke dalam air mendidih di dalam waskom. Hirup uap air yang telah dicampur wangi-wangian tersebut dan rasakan manfaat ganda, yakni selain pori-pori kulit terbuka, aroma yang terhirup akan melonggarkan pernafasan dan memberi efek yang menenangkan.

Dengan melakukan perawatan wajah seperti yang telah dijelaskan diatas tentunya wajah cantik dan sehat akan kita dapatkan dengan mudah dan murah. Tentunya konsistensi dan cara perawatan wajah yang benar akan dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. Salam :)
Terima Kasih atas kunjungannya dan semoga artikel ini bermanfaat buat Anda ^_^

Leave a Reply