Merawat Wajah Berjerawat

-
Extra Money

Merawat Wajah Berjerawat

Merawat Wajah Berjerawat - Munculnya jerawat pada wajah tentunya sangat mengganggu penampilan kita. Hanya saja yang perlu kita ketahui sebenarnya jerawat dapat sembuh dan hilang dengan sendirinya asalkan perawatan wajah berjerawat ini dilakukan dengan benar dan bijaksana. Untuk merawat wajah berjerawat ini kita harus dapat menyesuaikan pola perawatan dengan mengetahui jenis jerawat dan cara mengatasinya.

Cara merawat wajah berjerawat tanpa radang

Perawatan wajah berjerawat tanpa radang ini sebenarnya mirip dengan perawatan kulit wajah berminyak, yaitu hanya dengan membersihkan wajah secara teratur. Menjaga pori-pori kulit wajah tidak membesar untuk menghindari masuknya kotoran penyebab komedo. Membersihkan wajah bisa dengan menggunakan sabun khusus wajah yang mengandung sulfur atau pembersih berbentuk gel yang bebas minyak (oil free)

Cara merawat wajah berjerawat dengan radang

Kulit wajah berjerawat yang disertai peradangan ringan dapat diatasi dengan menggunakan krim antibiotika eritromisin, gentamicin, dan clindamycin yang dioleskan pada pagi dan sore hari. Kulit berjerawat yang mempunyai radang berat berupa bisul jerawat bernanah, memerlukan pengobatan dokter spesialis kulit. Perawatan facial skin care, massage dan penguapan harus ditunda dulu, karena akan berakibat terjadi perluasan infeksi pada jerawat. Hindari memijat sendiri jerawat merah meradang.

Perawatan kulit wajah berjerawat melalui makanan

Perawatan wajah berjerawat dari luar lebih banyak berimbas pada kulit ari (epidermis) yang terletak dibagian paling luar kulit. Sedangkan perawatan melalui makanan lebih berimbas ke dalam, karena mempengaruhi lapisan kulit jangat (dermis). Kulit yang tampak buruk karena bekas jerawat radang, sangat membutuhkan asupan protein dalam jumlah banyak untuk membentuk jaringan baru. Vitamin A, vitamin C, vitamin E dan Zinc sangat diperlukan untuk metabolisme sel dalam jaringan baru. Untuk mencegah kekeringan pada kulit, cukup mengkonsumsi air putih, minimal 8 gelas sehari. Selain membatasi asupan lemak jenuh, juga batasi mengkonsumsi daging hewan yang berlemak, goreng-gorengan, santan, minuman bersoda, alkohol dan kopi.

Pengobatan jerawat secara tradisional

Bahan alami juga dapat digunakan untuk merawat wajah berjerawat, selain mudah didapat juga tidak memerlukan biaya terlalu mahal. Beberapa bahan dan cara meramu bahan-bahan alami ini diantaranya:
  1. Daun sirih sebanyak 5-10 lembar, kemudian direbus dengan 2 gelas air dalam wadah tertutup. Setelah mendidih, angkat dan diamkan hingga hangat-hangat kuku. Ramuan ini digunakan untuk mencuci wajah berjerawat, sebaiknya dilakukan secara rutin menjelang tidur dan sehabis berpergian.
  2. Sebuah jeruk nipis diperas dan sebuah mentimun atau bengkuang, dihaluskan dan diperas diambilkan airnya, kemudian campurkan. Oleskan campuran bahan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan  secara teratur 2 hari sekali. Jika jerawat terasa perih, pemakaian dihentikan.
  3. Bunga melati 20 kuntum, 2 jari asam jawa, 2 sdm sari jeruk nipis dan belerang sebesar kelereng, dicampurkan dan ditumbuk halus, kemudian dioleskan pada kulit wajah berjerawat pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Ramuan ini bisa menyebabkan jerawat mengempis.

Dari beberapa ulasan tentang merawat wajah berjerawat diatas, dapat anda terapkan dan sesuaikan dengan masalah yang anda hadapi. Cukup mudah untuk mencobanya bukan ? Selain bahan-bahannya mudah ditemukan cara membuatnya juga cukup mudah. Sekarang tunggu apalagi, silahkan dicoba tips kecantikan ini dan rasakan hasilnya.
Terima Kasih atas kunjungannya dan semoga artikel ini bermanfaat buat Anda ^_^

Leave a Reply